Gejala dan Cara Menyembuhkan Sariawan Pada Bayi Bawah 2 Tahun

Hampir setiap orang pernah menikmati dan mengalami sariawan, Sariawan bisa dialami siapa saja termasuk bayi. Untuk sistem menyembuhkan sariawan pada bayi usia bawah 2 tahun yang masih menyusui dapat dilakukan dengan 2 metode.

 

f:id:ibrahimnur:20180605211221p:plain

Sariawan pada bayi bawah usia 2 tahun yang masih menyusui disebabkan sebab cara kekebalan tubuh yang belum sempurna sehingga belum bisa melawan infeksi. Sariawan ini dapat mempengaruhi perkembangan buah hati apalagi sekiranya infeksi jamur tak seketika diobati. Sariawan akan kian parah seandainya puting ibu sudah lecet ataupun seandainya bayi Anda tak menempel dengan bagus ketika menyusu.

 

Sariawan yang dimiliki bayi akan berpengaruh pada kenyamanan dikala menyusu karena komponen mulut akan terasa sakit. Gejala yang dijelaskan oleh bayi saat terkena sariawan adalah:

 

- Adanya bintik putih atau luka kecil di komponen gusi, lidah, langit-langit mulut, pipi bagian dalam.

- Bayi akan merasa gundah ketika makan atau menyusu.

- Bayi tidak berharap menyusu karena mulutnya terasa sakit.

- Warna bibir menjadi pucat.

- Mengalami ruam popok sebab sistem pencernaan bayi terganggu dan dapat menyebabkan ruam popok.

 

Untuk menuntaskan sariawan pada bayi ada 2 sistem dimana keduanya memakai obat anti jamur yang aman untuk bayi. Obat tersebut berupa gel dan juga cairan yang dapat disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan Anda. Obat yang berbentuk gel dapat dioleskan seketika di komponen yang mengalami sariawan di bagian mulut bayi secara perlahan sesudah Anda mencuci tangan dengan bersih. Meski macam obat anti jamur yang berbentuk cairan, diberi ke bayi dengan cara meneteskan ke mulut dengan pipet. Selain memberikan obat anti jamur yang pas untuk bayi Anda juga harus konsisten menyusui bayi Anda melainkan hindari untuk memberikan ASI yang sebelumnya sudah disimpan di kulkas sebab bisa saja ada kuman atau jamur di ASI yang bisa menyebabkan sariawan bayi menjadi lebih parah.

 

Setelah melaksanakan cara menyembuhkan sariawan pada bayi umur bawah 2 tahun yang masih menyusui, Anda dapat menjalankan pencegahan agar bayi Anda tak mengalami sariawan lagi. Sebagian cara diantaranya merupakan:

 

- Cuci bersih mainan, botol atau dot dan pompa payudara.

- Cuci tangan sebelum dan menggantikan popok bayi serta sesudah menyusui.

- Cuci baju dengan memakai air hangat agar jamur hilang.

- Obati payudara Anda apabila lecet agar nantinya tidak mengalami infeksi atau infeksi tak menjadi lebih parah.

- Jaga payudara konsisten kering bagus sebelum atau setelah Anda menyusui.